RUKUN ISLAM DAN PENJELASANNYA

Share on :



Rukun Islam -  Seperti yang kita tahu bahwa Islam dibangun di atas lima pondasi  yang disebut dengan rukun Islam. Bagaikan  rumah, rukun Islam adalah  pilar – pilar penopang keislaman seorang muslim . bukan  shalat saja yang menjadi  tiang agama islam  (Ash-Shalatu 'imaduddin) ada juga zakat, puasa dan menunaikan haji unsur diatas merupakan tiang pondasi dalam islam,  untuk siapa saja yang telah melaksanakan rukun Islam yang 5 bukan berarti  total telah mengerjakan ajaran islam. Akan tetapi ia telah dan baru membangun pondasi yang akan menopang amal lainnya.
Bisa di bilang bahwa rukun islam memberikan pelajaran dan bahan latihan kepada umat islam. Disini umat muslim akan di hadapkan kepada masalah- masalah yang konkrit.  Berangkat dari situlah kita akan mengetahui dengan benar sebuah pengertian tentang "mengerjakan" dan "menegakkan" ketentuan rukun Islam. Tamsyilnya dapat dibilang bahwa mengerjakan rukun islam sama dengan sebuah pengenalan  dan seberapa efektifkah kita melakukannya berdasarkan pengenalan tersebut.

Makna Syahadat
Syahadat merupakan persetujuan dari sebuah perjanjian . Yaitu sebuah  perjanjian seorang hamba dan  Allah Swt. Sebuah pernyataan kalimat Laa ilaaha illallah, berarti hamba tersebut telah siap untuk mengarungi kehidupan di dunia, siap dengan segala cobaan yang akan di berikan.

Makna  Sholat
Sholat merupakan sebuah pengenalan yang betujuan agar umat muslim tahu,faham, amal dan sabar dalam setiap pergolakan  dalam hati, fikiran, lisan  serta  hala yang dilakukan  adalah  dalam rangka sujud dan  beribadah kepada tuhan yang satu yaitu Allah swt.

Makna  Zakat
Zakat sebuah petunjuk  supaya  setiap muslim tahu, faham serta  mengamalkan bahwa setiap harta dan rezeki statusnya adalah milik Allah dan setiap muslim berkewajiban untuk menegakkan keadilan sosial.

Makna Puasa
Puasa petunjuk  yang bertujuan agar membebaskan muslim dari perbudakan kebiasaan, baik itu secara jasmani atau rohani. Perbudakan jasmani manusia dilihat dari pola perilaku makannya. Dengan puasa seorang muslim siap untuk makan sesuai dengan yang Allah rizkikan kepadanya.  Perbudakan ruhani terlihat dari dimana pada umumnya manusia lebih banyak menuruti hawa nafsu syahwat. Fakta membuktikan segala macam bentuk akhlak dan perilaku, baik perkataan maupun perbuatan yang tidak Islami sebenarnya atas perintah hawa nafsu.

Makna Haji
Haji merupakan sebuah petunjuk dimana ini  bertujuan agar setiap muslim faham dan mengamalkan persatuan dan persamaan derajat, baik secara fisik maupun spiritual  sesama manusia. Yaitu pada saat wukuf di Padang Arofah. Tak ada diskriminasi antara  warna kulit, bahasa, bangsa dan kedudukan sosial di hadapan Allah semuanya adalah sama, yang menjadi tujuan mereka tidak lain dan tidak bukan mengharapkan ampunan dan rahmat Allah swt.

0 komentar on RUKUN ISLAM DAN PENJELASANNYA :

Post a Comment and Don't Spam!